35 Tim Siap Tampil Dalam Grand Final Festival Tari Ratoh Jaroe 2017

Sebanyak 35 tim yang terdiri dari 22 tim SMA sederajat dan 13 tim SMP sederajat dari kawasan Jabodetabek siap tampil dalam Grand Final Festival Tari Ratoh Jaroe. Festival tari yang memperebutkan Piala Gubenur Aceh tersebut, grand finalnya akan digelar Ahad (26/11) di Balairung Susilo Sudirman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta.

Pada tahun-tahun sebelumnya Festival Ratoh Jaroe yang sudah diselenggarakan Badan Penghubung Pemerintah Aceh sejak tahun 2005 dilaksanakan di Anjungan Aceh TMII, Jakarta. Tahun ini banyaknya peserta yang berminat ikut, sementara Anjungan Aceh sedang dilakukan perbaikan, maka hanya pembukaan dan audisi (babak penyisihan) saja yang dilakukan di Anjungan Aceh.

Dalam Audisi yang diadakan pada Sabtu-Ahad tanggal 14-15 dan 21-22 Oktober 2017 diikuti 138 tim, terdiri dari 43 tim dari SMP, 87 tim dari SMA dan lima tim dari perguruan tinggi, melibatkan 2.760 peserta penari. Namun dari lima tim perguruan tinggi tidak ada yang berhasil lolos ke grand final.

Bertindak sebagai juri ada tiga orang, yakni H. Marzuki Hasan dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Syekh Idris pelaku dan pengamat seni budaya Aceh dan Meutia Ayah Cek, mantan penari Ratoh Jaroe.

Acara grand final direncanakan berlangsung dari pagi sampai sore. Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para juara dilakukan pada malam harinya sekaligus penutupan festival yang akan dihadiri Gubernur Aceh dan jajaran Pemerintah Aceh, tokoh-tokoh masyarakat Aceh di Jabodetabek beserta para undangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial