Aceh Juara Umum Parade Busana Daerah X

Delegasi seni budaya Aceh yang dikawal oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata berhasil keluar sebagai juara umum dalam Parade Busana Daerah X yang digelar Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) pada hari Ahad (28/10). Atas keberhasilan tersebut Aceh mendapatkan piala bergilir dan piala tetap dari Menteri Dalam Negeri, Piagam Penghargaan Dirut TMII dan hadiah dana pembinaan sebesar Rp10 juta dari Dirut TMII. Hadiah diserahkan oleh Staf Ahli Mendagri Suhajar Dewantoro.

Staf Ahli Mendagri Suhajar Dewantoro menyerahkan hadiah kepada para pemenang Parade Busana Daerah X.

Delegasi Aceh yang mengikuti Parade Busana Daerah X terdiri dari desainer, penata rias, peraga wanita, peraga pria dan ofisial dipimpin Kabid Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh Irmayani ibrahim serta Kasi Nilai Budaya Evi Mayasari. Dalam even yang diikuti utusan dari 15 provinsi itu, digelar kontes baju pengantin daerah Nusantara yang harus berbahan dasar limbah yang dapat diolah dan dimanfaatkan kembali.

Delegasi Aceh melalui desainer Cut Putri Kausaria menampilkan desain baju kreasinya yang bertema “Kemegahan Samudra Pasai”. Desain yang ditampilkan dibuat dari tutup botol minuman bekas, kertas koran bekas, plastik kresek hitam besar, plastik transparan dan sedotan minuman bekas. Dibantu penata rias Aulia Rahmad, menampilkan peraga busana pria Muhammad Rayhand Pahlevi dan peraga busana wanita Eggi Fegri Lindira Putri.

Busana pengantin Aceh yang mengusung tema “Kemegahan Samudra Pasai” dalam Parade Busana Daerah X.

Menurut Kasubbid Promosi dan Pameran Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) sekaligus Pelaksana Harian Kepala Anjungan Aceh TMII Cut Putri Alyanur, predikat juara umum diraih setelah delegasi Aceh mendapatkan predikat Juara 1 untuk kategori esainer tingkat nasional, Juara 1 peraga pria l, Unggulan peraga wanita dan Penyaji Terbaik wilayah Sumatra.

Bertindak sebagai juri dalam kegiatan tersebut adalah Samuel Wattimena, Taruna Kusmayadi, Nungki Kusumastuti, Muhammad Rais dan Ertis Yulia Manikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial