Atraksi Seni Budaya Dataran Tinggi Gayo Meriahkan Pentas Pesona Indonesia

Pentas Pesona Indonesia di Desa Seni, kompleks  Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) pada hari Ahad (6/5) siang menampilkan atraksi seni budaya dari dataran tinggi Gayo, Provinsi Aceh, yakni tari Didong Gayo. Kesenian ini memadukan unsur syair dan lagu yang diiringi dengan suara tepukan tangan dan kampas Didong (bantal berukuran kecil dan bersuara besar). Tari Didong Gayo dimainkan minimal oleh dua orang Ceh serta penepuk tangan dan kampas.

Pada pentas Pesona Indonesia yang diberi label Pensi Prima (Pentas Seni Pelajar Indonesia Maju), tari Didong Gayo ditampilkan sembilan penari laki-laki yang berasal dari Sanggar Pegayon pimpinan Fauzul Abadi, yang merupakan sanggar seni binaan Diklat Anjungan Aceh TMII.

Dalam posisi duduk bersila dan berbanjar, penari laki laki yang memakai kostum kerawang (bordir khas Gayo ) berwarna hitam dan variasi merah itu melenggokkan badan ke kanan dan ke kiri mengikuti alunan irama dan mencondongkan badannya ke depan sambil tetap bersyair secara serentak. Tepuk tangan riuh para penonton, memberi semangat dan atensi terhadap penampilan para penari.

Para penari yang tampil berdiri menari-nari seperti seekor burung yang mengepakkan sayapnya. Sementara yang bersyair menepukkan sebelah tangan di atas bantal kecil yang dapat menimbulkan suara, sehingga menghasilkan suara tepukan yang khas, jelas dengan suara keras pula.

Dalam kesempatan tersebut, tampil pula penari perempuan Gayo turut menari bersama dengan gemulai dan lentik jemarinya.

Menutup penampilan dalam pentas Pesona Indonesia Pensi Prima, para seniman Gayo dari Sanggar Pegayon Diklat Anjungan Aceh TMII Jakarta, mengajak semua penonton untuk berdidong bersama. Dengan menggunakan tepukan para penonton yang hadir ditingkahi bantal pemain Didong dengan tepuk Pramuka.

“Ayooo kita berdidong yaa…” ajak Azzam Syekh Didong Gayo itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial