Bimtek Penyusunan Renstra

“Menyongsong kepemimpinan Gubernur Aceh baru hasil Pilkada 2017, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah mesti disusun untuk merealisasikan visi-misi pasangan calon gubernur-wakil gubernur terpilih. Di tingkat Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) diikuti dengan penyusunan Rencana Strategis (Renstra SKPA). Untuk itu Badan Penghubung Pemerintah Aceh juga perlu bersiap menyusun Renstra Badan Penghubung periode 2018-2012,” demikian disampaikan Kasubbag Tata Usaha mewakili Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Renstra di Ruang Rapat Badan Penghubung, Kamis (24/3) lalu.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh pegawai Badan Penghubung Pemerintah Aceh yang menjadi anggota Tim Penyusun Renstra. Sebagai nara sumber tunggal dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Bidang Informasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Aceh, Drs. Munawar S., M.Si.

Dalam kesempatan tersebut Munawar menjelaskan bahwa prinsip sederhana dalam menyusun visi-misi yang baik adalah seperti sebuah kalimat yang memiliki tiga unsur, yaitu Subyek-Predikat-Obyek (SPO).

Dengan berpegang pada prinsip tersebut, dalam bimtek tersebut sudah bisa tersusun visi-misi sementara untuk Renstra Badan Penghubung Pemerintah Aceh periode 2018-2012. Visi Badan Penghubung Pemerintah Aceh adalah Profesional dan berintegritas sebagai Duta Pemerintah Aceh.

Adapun misinya mencakup tiga hal, yaitu: pertama, Meningkatkan koordinasi dan kualitas hubungan Kerja Pemerintah Aceh dengan lembaga Pemerintah, Non Pemerintah  dan Perwakilan Negara Asing, di Jakarta; kedua, Meningkatkan pengelolaan Anjungan Aceh di TMII dan Aset Pemerintah Aceh di Pulau Jawa serta Memfasilitasi Promosi Potensi, sumber daya alam dan seni budaya Aceh; dan ketiga, meningkatkan Pemberdayaan dan perlindungan masyarakat Aceh Perantauan se Jabodetabek.

Draft Renstra Badan Penghubung Pemerintah Aceh selanjutnya akan digodog Tim Renstra untuk  disinkronkan dengan RPJMD Pemerintah Aceh. Visi-misi selanjutnya dijabarkan lebih lanjut dalam tujuan dan sasaran serta diwujudkan melalui program dan kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial