Bireuen Raih Opini WTP Kedua Kalinya

Pemerintah Kabupaten Bireuen berhasil megikuti jejak Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang yang untuk kedua kalinya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI). Penghargaan WTP tersebut diserahkan langsung Kepala BPK RI Perwakilan Aceh Maman Abdulrachman, di Gedung BPK RI Perwakilan Aceh, Sabtu (28/5) siang Kepada Bupati Bireuen Ruslan M. Daud.

Opini WTP diraih Kabupaten Bireuen tersebut berdadsarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bireuen tahun 2015.

“Alhamdulillah, Kabupaten Bireuen yang kita cintai bersama kembali bisa mengukir sejarah, yaitu mendapakan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Dan ini merupakan yang kedua kali secara berturut-turut diterima oleh Bireuen,” ujar Ruslan M. Daud usai menerima penghargaan WTP tersebut.

Ruslan menegaskan, penghargaan tersebut bukanlah hasil kerja orang per orang, melainkan semua pihak, baik legislatif maupun eksekutif tentunya juga disertai dukungan masyarakat.

“Prestasi WTP ini sangat luar biasa, tentu tidak lepas dari hasil kerja keras semua pihak dan kiranya menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja dalam tata kelola pemerintahan bidang keuangan,” ungkap Ruslan.

Sesuai aturan, setiap kabupaten/kota harus menyerahkan LKPD paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir. Setelah menerima laporan, BPK mempelajari dan menurunkan tim auditor ke kabupaten/kota selama kurang lebih satu bulan. Baru kemudian BPK memberikan penilaian berupa opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Wajar Dengan Pengeculian (WDP), Tidak Wajar (TW) dan Tidak Memberikan Pendapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial