Gubernur Aceh: Tari Saman dan Tari Ratoh Jaroe Sudah Mendunia

Tari Saman dan Tari Ratoh Jaroe sudah mendunia. Demikian disampaikan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur, Abdul Karim, saat menutup Festival Tari Ratoh Jaroe, Ahad (26/11) malam di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta.

 

Karena itulah Pemerintah Aceh melalui Badan Penghubung Pemerintah Aceh setiap tahun menyelenggarakan Festival Tari Ratoh Jaroe tingkat SMP dan SMA se Jabodetabek.

 

“Melalui festival tersebut, Pemerintah Aceh mendorong semangat generasi muda untuk menguasai seni budaya daerah. Dengan semakin banyaknya generasi muda yang tertarik dengan seni budaya daerah, maka identitas dan karakter bangsa akan terjaga,” harap Gubernur.

 

Kepada para pemenang festival, Gubernur berharap bisa terus meningkatkan kemampuan seninya sehingga bisa menanamkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

 

“Bagi yang belum berhasil menjadi juara, jadikan festival ini sebagai momen pembelajaran agar bisa tampil lebih baik tahun depan,” lanjut Gubernur memotivasi para peserta festival.

 

Usai mambacakan sambutan Gubernur, Abdul Karim menutup festival secara resmi. Penutupan ditandai dengan pemukulan Rapa’i oleh Abubakar Karim bersama Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman dan Dirut Taman Mini Indonesia Indah (TMII) A.J. Bambang Soetanto. Ikut mendampingi anggota Komisi X DPR RI Muslim, anggota Komisi I DPRA Jamaludin T. Muku, mantan Gubernur Aceh Mustafa Abubakar dan Tarmizi Karim.

 

Acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para juara. Berturut-turut juara I, II dan III dalam festival tersebut untuk kategori SMA dan Perguruan Tinggi adalah SMA N 90 Jakarta, SMA N 9 Tangerang Selatan dan SMA N 1 Tangerang Selatan. Sedangkan juara harapan I, II dan III adalah SMA N 2 Tangerang, SMA N 3 Tangerang Selatan dan SMA Islam Al Azhar 8 Summeracon Bekasi. Sementara SMA N 6 Tangerang Selatan dinobatkan sebagai Tim Favorit.

 

Sedangkan untuk kategori SMP, juara I, II dan III adalah SMP N 19 Jakarta, SMP Islam Al Azhar BSD dan SMP N 6 Tangerang Selatan. Selanjutnya SMP Islam Al Azhar 6 Jaka Permai Bekasi, SMP Insan Cendekia Madani dan SMP Islam Al Azhar 31 Summeracon Bekasi, masing-masing tampil sebagai juara harapan I, II dan III. Gelar Tim Favorit berhasil diraih SMP N 12 Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial