Kabupaten Simeulue Menjadi Utusan Aceh pada HUT Ke-43 TMII Tahun 2018

Pekan HUT TMII dalam rangka memperingati HUT Ke-43 TMII sudah dibuka Ahad (15/4/2018) sore oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Dalam kegiatan ini akan ditampilkan atraksi dan pawai budaya dari 34 provinsi di Indonesia. Pada tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simeulue telah ditunjuk menjadi utusan Pemerintah Aceh untuk menampilkan potensi kekayaan sumber daya alam dan seni budaya masyarakatnya yang sangat unik dan khas.

Simeulue dikenal dengan julukan Negeri Sastra Smong, yakni seni tutur tradisi yang mampu dan terbukti telah menyelamatkan masyarakat pada saat terjadi bencana tsunami pada tahun 2004 silam. Dalam Pekan HUT ini utusan dari Pemkab Simeulue akan mengikuti beberapa kegiatan sebagai berikut:

19 April 2018
Festival Kuliner Nusantara di Sasana Kriya TMII

20 April 2018
Parade Busana Pengantin Daerah di Teater Garuda Indonesia

20 s.d 22 April 2018
Bazar Kuliner Nusantara dan Pameran Produk Unggulan Daerah di Sasana Kriya TMII. Dalam kegiatan ini bisa disaksikan juga Gita Natya Nusantara. Simeulue akan menampilkan produk unggulan antara lain berupa wastra (kain) dan bordir batik khas Simeulu.

21 s.d 22 April 2018 –
Penampilan debus perempuan, musik dan lagu-lagu Simeulu, serta hiburan oleh Butong Olala, Aldi dan kawan-kawan dalam acara Gelar Citra Budaya Tradisi di Anjungan Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial