Komunitas Pencil dan Anjungan Aceh TMII Berbagi Bahagia Dengan Yatim dan Dhuafa

Komunitas Pencinta Ilmu (Pencil) bekerjasama dengan Anjungan Aceh Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) berbagi bahagia dengan yatim dan dhuafa dalam kegiatan bertajuk Bukber Akbar 2018. Kegiatan yang melibatkan  250 anak yatim dan dhuafa tersebut berlangsung di Anjungan Aceh TMII pada Ahad (27/5) sore lalu. Mereka berasal dari berbagai penjuru kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Menurut Kasubbid Promosi dan Pameran Badan Penghubung Pemerintah Aceh Cut Putri Alyanur, selaku Pelaksana Harian Kepala Anjungan Aceh TMII, secara kebetulan Ketua Panitia Pelaksana Bukber Akbar 2018 adalah Fauzan Fadlan SE MM, yang juga dosen STIE Gotong Royong, perguruan tinggi tempat dirinya menempuh S2. Sehingga bisa terjalin kerjasama Komunitas Pencil dengan Anjungan TMII, baik dalam penggalangan donatur maupun perekrutan yatim dan dhuafa yang dilibatkan dalam kegiatan.

“Pada mulanya mereka berdiskusi dengan kita, ingin membuat acara rutin yang sudah dibuat sejak tahun 2015, dengan jumlah yatim yang berasal dari satu lokasi dan internal saja. Ternyata keinginan berbagi dan menjadi pejuang Islam terus bergelora di kelompok komunitas yang anggotanya semua anak muda dan keluarga muda yang cinta Rasul dan Islam. Setelah melakukan dua kali pertemuan internal di Anjungan dan melihat iktikad baik kawan kawan Anjungan untuk bergabung, menjadikan kegiatan ini kemudian digabung sebagai sebuah kerjasama sesama pelayan,” jelas Cut Putri tentang kerjasama kegiatan ini.

Menurut Cut Putri, dari 250 anak yatim dan dhuafa yang mengikuti kegiatan, 200 anak direkrut Komunitas Pencil dari kawasan Jabodetabek dan 50 anak dari lingkungan sekitar TMII. Staf Anjungan Aceh yang berdomisili di sekitar TMII, merekrut anak yatim dan dhuafa dari lingkungan sekitarnya untuk dilibatkan dalam kegiatan Bukber Akbar 2018.

Kegiatan bukber yatim dan dhuafa dimulai pukul 14.00 WIB diisi berbagai acara sesuai dengan slogan Pencil, Education, Social & Fun. Sehingga ada nuansa pendidikan, kepedulian sosial dan kegembiraan. Sejumlah hadiah disiapkan untuk anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan pemandu acara Kak Aan dan Kak Dewi. Pertanyaan disesuaikan dengan tingkat pendidikan. Selanjutnya anak-anak juga diberi kesempatan tampil di panggung, unjuk kemampuan bermain hadroh.

Sebelum berbuka puasa, anak-anak bersama-sama mendengarkan taushiyah yang disampaikan oleh Ustadz Endang. Dalam taushiyahnya, Ustadz Endang menjelaskan tentang kewajiban ibadah puasa bagi orang yang beriman.

“Orang boleh tidak berpuasa dan tidak berpuasa apabila mempunyai halangan, misalnya sakit atau sudah berusia lanjut. Kalau orang sakit, maka dia berkewajiban mengganti puasanya di hari lain. Sedangkan untuk orang yang sudah berusia lanjut, yang kondisi fisiknya tidak memungkinkan lagi untuk menjalankan ibadah puasa, maka mereka harus membayar fidyah untuk mengganti puasanya,” jelas Ustadz Endang.

Momentum bahagia bersama anak yatim dan dhuafa ini menciptakan suasana syahdu, bagi siapapun yang hadir dan spontan akan terdorong untuk memberikan hadiah. Karena Anjungan Aceh TMII, rencananya akan menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) kategori hifdzil (hafalan) usai lebaran nanti, anak-anak yatim dan dhuafa yang ikut dalam Bukber Akbar 2018 pun dijatah kuota 10 orang untuk ikut menjadi peserta.

Acara demi acara yang memberi kesan menyenangkan bagi anak-anak terus berlangsung bersama para pemandu dari Komunitas Pencil, termasuk foto bersama, permainan, dongeng dan pemberian door prize. Salah seorang peserta saat ditanya kesan-kesannya menjawab dengan antusias.

“Sangat senang,” ujar Ocha (7 tahun) yang berasal dari kelurahan Ceger. Ocha hadir bersama delapan kawannya diantar staf Anjungan Aceh TMII.

Sementara para donatur acara yang berkesempatan hadir juga senang dan berharap kegiatan tersebut memberi keberkahan kepada semua yang mengikuti. Semua yang terlibat dalam kegiatan tampak bahagia dengan keikhlasan dalam melayani, sambil menyeka lembut titik air di sudut matanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial