Pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Aceh Dilantik

Pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Aceh terpilih hasil pilkada serentak 2017, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah, dilantik Mendagri Tjahyo Kumolo, Rabu (5/7) lalu di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dengan disaksikan Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh, Jufri Ghalib. Pelantikan dilaksanakan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRA yang dipimpin langsung Ketua DPRA Tgk Muharuddin

Usai pelantikan, pasangan Irwandi-Nova kemudian di-peusijuek (ditepung tawari) oleh Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud. Dalam prosesi tersebut selain ditepung tawari, keduanya juga mendapat amplop dari Malik Mahmud.

Selanjutnya pasangan Irwandi-Nova mendapatkan ucapan selamat, termasuk dari Presiden Jokowi yang menyempatkan hadir saat transit di Banda Aceh dalam perjalanannya untuk kunjungan ke luar negeri menuju Ankara, Turki. Pejabat dari pusat yang turut hadir dan memberikan selamat antara lain Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.

Dalam acara pelantikan tersebut, Irwandi juga diberi kesempatan menyampaikan pidato perdana di depan Mendagri dan tamu undangan yang hadir. Dia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Aceh serta bicara mengenai program yang akan dilakukan dalam lima tahun ke depan.

“Hari ini saya kembali berdiri di sini untuk menyatakan sumpah dan menerima pelantikan selaku Gubernur Aceh dan bersama Wakil Gubernur Aceh Bapak Nova Iriansyah akan menjalankan amanah yang cukup berat dalam memimpin Aceh selama lima tahun ke depan,” kata Irwandi.

“Bagi saya pribadi, ini adalah sumpah dan pelantikan yang kedua sebagai gubernur, dan saya berterima kasih kepada rakyat Aceh yang telah memberi kepercayaan kembali kepada saya,” ucap Gubernur Aceh periode 2007-2012 ini.

Diperkirakan 2.000 undangan menghadiri acara pelantikan. Tamu undangan berasal dari pejabat pusat dan daerah, perwakilan negara sahabat dan tokoh-tokoh masyarakat Aceh. Selain di dalam gedung, para undangan memadati tenda yang didirikan di depan gedung.

Warga yang tidak memiliki undangan diarahkan ke Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, tempat dilaksanakannya kenduri raya bagi masyarakat, relawan dan tim pemenangan Irwandi-Nova.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial