Pekan Kebudayaan Arab Saudi di Anjungan Aceh TMII

Anjungan Aceh Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Saudi Arabia yang berlangsung pada 26 s.d 30 Maret 2016. Beragam kesenian tradisional  Arab dipentaskan 30 orang seniman dari Kerajaan Saudi Arabia disertai pameran beragam produk budaya Arab seperti seni rupa, kaligrafi, busana dan seni tenun. Kegiatan tersebut dihadiri langsung Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa Ibrahim Al Mubarak.

Menurut Mustafa, dipilihnya Anjungan Aceh TMII sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Arab, karena hubungan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dengan Pemerintah Aceh yang sangat harmonis dan penuh makna.

Eratnya hubungan Arab Saudi dengan Aceh juga terlihat dari bentuk-bentuk seni budayanya. Dalam salah satu tarian yang ditampilkan seniman-seniman dari Arab Saudi ada yang mirip dengan Tari Rapa’i Geleng dari Aceh. Demikian juga tari-tarian lain beserta iringan musiknya mirip dengan tari-tarian dan iringan musik Aceh.

Selain menyaksikan pameran dan pentas seni budaya Arab Saudi, para pengunjung diberi hadiah air zam-zam dalam kemasan botol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial