Peluncuran Festival Rapa’i Aceh Internasional

Festival Rapa’i Aceh Internasional (Aceh International Rapa’i Festival – AIRF) diluncurkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah, yang diwakili Sekda Aceh Darmawan, di Balairung Soedirman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (4/8) malam. Festival yang akan diadakan 26-30 Agustus 2016 di Banda Aceh itu digelar dalam rangka melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional musik perkusi rapa’i sebagai salah satu kekayaan budaya masyarakat Aceh. Selain itu kegiatan ini juga sebagai sarana mempromosikan kepariwisataan Kota Serambi Mekah yang telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata halal Indonesia.

Diharapkan AIRF bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Aceh karena meningkatnya daya tarik pariwisata seiring peningkatan kualitas unsur 3A, yakni atraksi, aksesibilitas, dan amenitas. Dengan target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) 20 juta kunjungan, ditambah wisatawan doestik (wisdom) sebanyak 250 juta kunjungan, Aceh siap melakukan berbagai promosi wisata halal untuk bersaing dengan kota-kota di Indonesia yang telah menjadi destinasi halal terbaik, seperti Lombok.
“Kemenpar menyambut baik penyelenggaraan festival seni perkusi internasional ini. Ini sebagai bukti Aceh semakin kreatif menciptakan even untuk meningkatkan daya tarik dan kunjungan wisata halal yang dipanggul Aceh,” ujar Arief Yahya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial