Pesan Presiden Jokowi Untuk Aceh

“Tunjukkan bahwa Aceh aman sehingga investor mau berinvestasi di Aceh. Image Aceh tidak aman harus betul-betul dihilangkan.”

Pesan Presiden Jokowi tersebut disampaikan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022 Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah di ruang tunggu Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) di Banda Aceh, Rabu (5/7) saat transit dari perjalanannya melakukan kunjungan luar negeri ke Ankara, Turki. Kebetulan saat itu berbarengan dengan waktu pelantikan pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah.

Rilis dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden menyebutkan, bahwa Presiden Jokowi singgah ke Banda Aceh untuk memberi ucapan selamat kepada Irwandi dan Nova, yang baru dilantik pada Sidang Paripurna DPRA.

Pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur hasil pilkada serentak 2017 sebenarnya dilakukan di Istana Merdeka, sebagaimana yang telah dilaksanakan pada pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Banten, Sulawesi Barat, Gorontalo, Papua Barat dan Bangka Belitung pada 12 Mei 2017 yang lalu. Namun untuk Aceh ada kekhususan sebagaimana diatur dalam UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh.

Pada pasal 69 huruf c disebutkan, “Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Gubernur/Wakil Gubernur dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia di hadapan Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh dalam rapat paripurna DPRA.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial