Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik

Dengan berubahnya Kantor Penghubung Pemerintah Aceh menjadi Badan Penghubung Pemerintah Aceh, maka ruang lingkup tugas dan kewenangannya akan lebih luas dari sebelumnya. Karena itu dipandang perlu dibentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu SKPA, sesuai dengan struktur PPID Aceh. Untuk menginisiasi pembentukan Tim Pengelola Pelayanan Informasi dan Dokumentasi pada Badan Penghubung Pemerintah Aceh maka pada Kamis (13/7) lalu telah dilaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis pelayanan informasi publik dengan nara sumber Pelaksana Harian PPID Aceh Muchlis, Koordinator Pelayanan Informasi PPID Aceh Asriani, staf PPID Aceh Fahmi dan Panitera Pengganti dari Komisi Informasi Aceh Yusran.

Dalam kesempatan tersebut Muchlis menjelaskan bahwa keberadaan PPID di setiap SKPA dimaksudkan untuk untuk menyediakan dan melayani permohonan informasi dari publik sebagai pelaksanaan  UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang pelaksanaannya sudah diatur dalam PP Nomor 61 Tahun 2010.

“Karena itu setelah sosialisasi dan bimtek ini sudah harus terbentuk Tim PPID Badan Penghubung Pemerintah Aceh,” jelas Muchlis.

Klasifikasi informasi badan publik dijelaskan oleh Asriani meliputi: informasi yang harus disediakan setiap saat, informasi berkala, informasi serta merta dan informasi yang dikecualikan. Selain informasi yang dikecualikan, maka ketiga jenis informasi tersebut wajib dipublikasikan setiap badan publik.

Yusran menguraikan berbagai kemungkinan terjadinya sengketa informasi publik dan upaya pencegahannya. Karena ada tenggang waktu untuk menjawab setiap informasi publik, maka email setiap badan publik perlu dilihat secara berkala.

Pengelolaan informasi yang lebih teknis dipaparkan Fahmi, termasuk pengelolaan website badan publik. Terkait masalah ini, website Badan Penghubung perlu menambah menu lagi dengan Daftar Informasi Publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial