11 December, 2018

Tari Ratoh Jaroe kembali meriahkan acara di Jakarta. Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang menggelar Pameran Kerajinan Nusantara “Kriya Nusa” 2018 menjadikan Tari Ratoh Jaroe sebagai salah satu acara dalam pembukaan yang dilaksanakan Rabu (26/9) pagi di Jakarta Convention Center (JCC).

Tari yang dibawakan pelajar-pelajar putri dari SMA Negeri 1, 6 dan 9 Tangerang Selatan dipentaskan sebagai tarian penyambut tamu. Di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) memang sudah banyak SMP dan SMA yang menjadikan Tari Ratoh Jaroe sebagai kegiatan ekstra kurikulernya. Terlebih setiap tahun, Badan Penghubung Pemerintah Aceh mengadakan festival tari Ratoh Jaroe di Anjungan Aceh TMII, untuk tingkat SMP, SMA dan perguruan tinggi se Jabodetabek.

Selepas pementasan Tari Ratoh Jaroe, Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla memberikan sambutan pembukaan. Menurutnya, industri kreatif di tanah air kini berkembang dengan sangat cepat, baik dalam skala mikro, kecil hingga menengah.

“Industri kreatif ini merupakan sektor yang strategis, karena dekat dengan keseharian rakyat Indonesia. Ini bisa kita andalkan sebagai mata pencaharian, terutama dengan memanfaatkan sumber daya manusia melimpah yang kita miliki dan sumber kreatif lokal,” paparnya

Pameran Kerajinan Nasional “Kriya Nusa” 2018 mengangkat tema “Tingkatkan Sinergitas dan Kreativitas Wirausaha Milenia”.  Pembukaan dilakukan oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan menabuh rebana Aceh.

Pameran mengusung ikon daerah Nusantara dari Aceh, yakni motif pucuk rebung sebagai dasar desain publikasi. Sehingga dalam pameran tersebut nuansa Aceh sangat dominan. Pembukaan juga dimeriahkan dengan fashion show (peragaan busana) motif Aceh yang dibawakan para peragawati ibukota yang diawali pementasan Tari Rapai Geleng.

Pameran “Kriya Nusa” 2018 diikuti 313 stand kriya dan 21 stand kuliner. Stand-stand tersebut terdiri dari 172 stand Dekranasda, 37 stand Kementerian dan BUMN, 76 perajin individu dan stand ikonik serta desainer.

Selain pameran, Dekranas menyelenggarakan Rakernas Dekranas 2018, yang akan digelar pada Kamis 27 September 2018 di Ruang Serba Guna Kantor Kementerian Pertahanan, jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Tags:

Related Article

No Related Article

0 Comments

Leave a Comment

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial