Wali Nanggroe Hadiri Perayaan Hari Eropa di Jakarta

Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud Alhaytar menghadiri perayaan Hari Eropa (Europe Day) yang diselenggarakan Duta Besar Uni Eropa di Jakarta, Rabu (9/5) malam. Perayaan Hari Eropa setiap 9 Mei merupakan peringatan Deklarasi Schuman yang ditandai dengan pidato Robert Schuman (saat itu Menteri Luar Negeri Perancis) di Paris pada 9 Mei 1950. Dalam pidatonya, Schuman mengutarakan gagasannya tentang bentuk baru dari kerjasama politik di Eropa sehingga meniadakan kemungkinan terjadinya kembali perang di antara negara-negara Eropa. Visi Schuman adalah membentuk lembaga Eropa untuk mengelola produksi batubara dan baja. Traktat pembentukan lembaga tersebut ditandatangani kurang dari setahun kemudian. Proposal Schuman ini merupakan cikal-bakal dari Uni Eropa yang dikenal dewasa ini.

Secara khusus Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam HE Mr Vincent menyambut hangat kedatangan Wali Nanggroe yang didampingi dua anggota Fraksi Partai Aceh DPR Aceh, Ermiadi AR ST dan Adam Mukhlis, serta staf khusus Wali Nanggroe, Dr  Rafiq.

“Selamat datang kepada Wali Nanggroe dan anggota Parlemen Aceh dari Fraksi Partai Aceh,” sambut Dubes Vincet dalam.

 

Dalam acara tersebut beberapa dubes negara-negara Uni Eropa untuk Indonesia juga hadir. Wali Nanggroe bersama delegasi sempat berbincang khusus dengan Dubes Finlandia, HE Madame Paivi Hiltunen-Toivio dan Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN, HE Francisco Fontana untuk menginformasikan perkembangan pembangunan Aceh.

Pejabat Indonesia yang hadir dalam perayaan tersebut antara lain Meteri Luar Negeri Retno Marsudi. Tampak juga HS Dillon, mantan Staf Khusus Presiden di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan Wali Nanggroe dan delegasi untuk berbicang mengenai pengentasan kemiskinan di Aceh. Kepada dua anggota parlemen Aceh, HS Dillon mengamanatkan agar memperhatikan pembangunan bidang pertanian dan pengentasan kemiskinan.

“Aceh harus menjadi pelopor bidang agriculture,” ujar HS Dillon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial