18 January, 2019

Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal termasuk kedalam 10 bupati serta walikota terbaik dari seluruh Indonesia pilihan Jawa Pos Group. Penobatan tersebut dilakukan dalam Jawa Pos Group Awards 2016, yang puncak penghargaannya dilaksanakan di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (22/1).

Walikota lain yang mendapat penghargaan adalah Walikota Bandung Ridwan Kamil, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Walikota Bandar Lampung Herman HN dan Walikota Kendari Asrun. Sedangkan bupati yang mendapat penghargaan adalah Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw serta Bupati Dompu Bambang M Yasin.

Dalam kesempatan tersebut Komisaris Utama Jawa Pos Group Azrul Ananda menyatakan, bahwa berbagai penghargaan yang diberikan Jawa Pos Group ini sangat istimewa, karena mewakili suara seluruh personel JPG dari Aceh sampai Papua.

Akan halnya dengan Illiza Sa’adudin, penghargaan yang diraihnya karena dinilai berhasilan membuat Banda Aceh menjadi destinasi wisata syari’ah. Menurut portal pojoksatu.id keseriusan Illiza dalam mencanangkan Banda Aceh sebagai destinasi wisata islami dunia diikuti dengan keseriusannya belajar pengelolaan pariwisata sesuai syariah dari kota kembar Banda Aceh, yakni Istanbul di Turki.

Upaya menjadikan Banda Aceh sebagai destinasi wisata sesuai syariah ditunjukkan dengan penataan objek wisata, penertiban tempat wisata, pengaturan penginapan, serta membangun tempat-tempat hiburan yang menunjukkan kebesaran dunia Islam. Promosi ke luar negeri juga digalakkan, utamanya ke Malaysia, Jerman, Amerika Serikat, dan Tiongkok.

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Banda Aceh meningkat 61 persen tahun lalu. Selama 2015, sekitar 1,8 juta setahun wisatawan berkunjung ke Banda Aceh dan kota-kota di sekitarnya. Wisatawan lokal masih mendominasi, umumnya berasal dari Sumatera Utara, provinsi lain di Sumatera, dan kota-kota di Jawa. Mayoritas berkunjung ke objek-objek wisata terkait tsunami, seperti museum tsunami dan PLTD Apung.

Tags: ,

Related Article

0 Comments

Leave a Comment

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial