30 Praja IPDN Asal Aceh Dilantik Presiden

Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh, Almuniza Kamal menerima penyerahan 30 Purna Praja IPDN asal Aceh dari Kepala Biro Perencanaan Kementerian Dalam Negeri, Dr. Ir. Bachril Bakri M.App.Sc. (Foto: Humas BPPA)

Jakarta - Sebanyak 30 praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) asal Aceh bersama delapan ratusan praja daerah lainnya, dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo, di Kampusnya, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Rabu 29 Juli 2020, setelah mengikuti wisuda kemarin (Selasa-red).

Pelantikan lulusan angkatan XXVII tahun 2020 itu dilakukan secara virtual. Para praja muda itu mengikutinya dengan cara menerapkan protokol kesehatan.

"Para praja hari ini dilantik Presiden Jokowi, termasuk praja asal Aceh sebanyak 30 orang," kata Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Almuniza Kamal S.STP, M.Si, didampingi Staf Badan Kepegawaian Aceh (BKA), Iwan Ramtoni, S.STP.

Almuniza mengatakan, para praja yang sudah menyelesaikan pendidikannya ini, nanti akan ditugaskan ke daerahnya masing-masing, termasuk praja asal Aceh.

"Tugasnya nanti Pemerintahan daerah untuk melaksanakan orientasi tugas sebagai CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di Kemendagri," kata Almuniza.

Almuniza menjelaskan, adapun total praja yang seharusnya dilantik oleh Presiden yakni sejumlah 881 orang.

"Namun dikarenakan pandemi covid 19, praja yang hadir hanya perwakilan dari empat orang perwakilan agama dan dua orang praja lulusan terbaik dari Program Diploma IV (D-IV) dan Strata I (S1)," jelas dia.

Pelantikan Pamong Praja Muda (PPM) IPDN tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, biasanya perhelatan ini dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia atau Wakil Presiden Republik Indonesia di Kampus IPDN Jatinangor dengan mengundang orang tua praja, pejabat negara dan tamu VIP lainnya, namun karena pandemik ini pelantikan dilaksanakan di Istana Kepresidenan bagi perwakilan praja dan sisanya melakukan pelantikan secara virtual di IPDN Kampus Jatinangor bagi program D-IV dan di Kampus Jakarta bagi program S-1.

Setelah dilantik, keseluruhan Pamong Praja Muda ini akan diserahkan oleh Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, M.M kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri dan diteruskan kepada 34 Pemerintahan Provinsi melalui Sekretaris Daerah Provinsi untuk memulai pengabdian dan pelaksanaan tugas kepada Bangsa dan Pemerintahan Republik Indonesia.

Sebelumnya, Selasa, 28 Juli 2020, sebanyak 1.049 orang yang terdiri atas 705 orang wisudawan Program Diploma IV (D-IV), 176 orang wisudawan Program Strata-1 (S1), 91 orang wisudawan Program Strata-2 (S2), 40 orang wisudawan Program Doktor (S3) dan 37 orang wisudawan Program Profesi Kepamongprajaan melakukan prosesi wisuda yang terbagi di 2 lokasi yang berbeda yakni bagi program D-IV dan S-2 dilaksanakan di Kampus Jatinangor sedangkan bagi program studi S-1, S-3 dan Profesi Kepamongprajaan dilaksanakan di Kampus Jakarta.