• Gubernur Nova Siap Terima Peluang Investasi Perusahaan asal Abu Dhabi
  • Pemerintah Aceh Sambut Nelayan Asal Sabang yang Kecelakaan Pelayaran di Thailand
  • Setelah Tertunda, Jenazah Mahasiswi Asal Nagan Raya Sampai Di Jakarta
  • BPPA Pulangkan Jenazah Pemuda asal Lhokseumawe yang Meninggal di Jakarta
  • Meninggal di Kairo, BPPA Pulangkan Mahasiswi Aceh Asal Nagan Raya

45 Peserta Tari Ratoh Jaroe Akan Perebutkan Piala Bergilir Gubernur Aceh 

Tim Panitia Festival Tari Ratoh Jaroe saat sedang melakukan technical meeting secara virtual di kantor Badan Penghubung Pemerintah Aceh, Cikini, Jakarta Pusat, Senin, 8 November 2021. (Foto: Humas BPPA)

PRESS RILIS

 

 

Jakarta - Sebanyak 45 dari 54 peserta sudah mendaftar pada Festival Tari Ratoh Jaroe tingkat nasional yang akan memperebutkan Piala bergilir Gubernur Aceh 2021. 

Kepala BPPA Almuniza Kamal, SSTP MSi diwakili Kasubbid Promosi dan Pameran Drs Teuku Syafrizal, MSi, dalam Technical Meeting, secara virtual, Senin, 8 November 2021, mengatakan peserta yang tidak hadir pada technical meeting akan gugur. 

"Peserta tidak hadir dalam Technical Meeting, maka akan dianggap gugur. Keputusan ini tidak bisa diganggu gugat, sesuai dengan Juknis (petunjuk teknis) Festival Tari Ratoh Jaroe yang sudah disampaikan sebelumnya," katanya. 

Syafrizal juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah ikut berpartisipasi dalam festival Tari Ratoh Jaroe tersebut. 

Festival Ratoh Jaroe tahun ini berbeda dengan yang pernah diselenggarakan pada 2019. Saat itu, acara final dilaksanakan di Gedung Sapta Pesona. Sementara, tahun ini kegiatan tersebut hanya digelar secara virtual. Itu lantaran pandemi Covid-19.

"Walaupun ini yang pertama bagi kami (secara virtual), tetapi panitia Badan Penghubung Pemerintah Aceh akan berusaha sebaik mungkin agar kegiatan berjalan dengan baik. Kami juga menyampaikan bahwa kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat," sebutnya. 

Adapun yang dibahas dalam Technical Meeting tersebut, meliputi juknis dan tata tertib Festival Tari Ratoh Jaroe. Hal itu untuk mempermudah peserta dalam mengikuti lomba. 

Untuk jadwal pendaftaran, telah dibuka sejak 1 hingga 6 November 2021. Kemudian tanggal 8 November berkas akan dibicarakan dalam technical meeting. 

"Kemudian, tanggal 10 hingga 20 November waktu pengiriman video lomba, maksimal video diterima pukul 00.00 WIB. Selanjutnya akan dilakukan penilaian oleh dewan juri pada 22 hingga 26 November," jelas Syafrizal. 

Selanjutnya, tahap pengumuman pemenang 26 November dan pada 30 November akan dilakukan penyerahan Hadiah. 

Sementara dalam technical meeting itu, Syafrizal juga menyampaikan sebuah pantun. 

"Sepasang merpati terbang tinggi, terbang bersama mencari makan, ayo ikuti technical meeting dengan seksama agar Festival ini bisa berjalan lancar." 

"Kapal roro kapal pesiar ketemu berlayar di selat Sunda, tari ratoh jaroe semakin berjaya, karena diminati oleh banyak khalayak." 

"Pahlawan wanita banyak di Aceh,  Laksamana Malahayati dan Cut Nyak Dhien masyhur namanya, sekian banyak festival, Piala Gubernur Aceh yang paling ditunggu acaranya."