• Gagal Operasi, Bayi Bocor Jantung Asal Ladong Aceh Besar Meninggal Dunia
  • Bayi Bocor Jantung, Muhammad Aska Pulang ke Banda Aceh Setelah Dirawat di RS Jantung Harapan Kita
  • Program Kerja Sebagai Pemanfaatan Fungsi FORKAPPSI
  • Bireuen Raih 4 Penghargaan di HUT Ke-44 TMII
  • Bocah Bocor Jantung asal Bener Meriah Meninggal di RS Jantung Harapan Kita Jakarta

Aceh Akan Ikut Pameran Dekranas di Toba 

Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati saat mengikuti Rapat Panitia HUT Pameran Dekranas dengan Tim Danau Toba, secara virtual, Rabu, 31 Maret 2021. 

Jakarta - Aceh akan siap mengikuti dalam pameran yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Toba, Sumatera Utara, pada September 2021 nanti. 

"Untuk progres pameran nanti, kita Aceh sudah menetapkan akan mengikuti acara di Toba," Ketua Dekranasda Aceh Dyah Erti Idawati dalam Rapat Panitia HUT Pameran Dekranas dengan Tim Danau Toba, secara virtual, Rabu, 31 Maret 2021. 

Dyah menyebutkan, untuk saat ini sudah ada lima kabupaten/kota dari 23 kabupaten/kota yang akan berpartisipasi dalam pameran di Toba. Tapi nanti tentunya akan ada kurasi ditingkat provinsi dan nasional seberapa banyak yang bisa ikut. 

"Kawan-kawan di Dekranasda saat ini, berinisiasi melaksanakan seleksi secara umum terkait dengan bagaimana kita bisa Wastra (kain tradisional) ini yang terbaik dengan diseleksi pada kompetisi bulan April ini. Mudah-mudahan nanti bisa mendapatkan wastra terbaik dan foto-foto yang terbaik," katanya. 

Adapun yang akan ditampilkan dipameran nanti kata Dyah, dengan memfokuskan pada songket Aceh, bordir, dan anyaman. Karena anyaman Aceh banyak produk turunannya. 

Kemudian, tambahnya, nanti akan dicoba seleksi produk asal Sumulue, yakni kursi yang terbuat kelapa. Karena dinilai memiliki keunikannya tersendiri. 

"Terkait dengan program pameran, paling kita perlu dari sisi promosi yang kemarin batik, kalau diberikan sentuhan tangannya ditingkat nasional, levelnya akan jadi lebih meningkat lagi," ujarnya.