BPPA Gelar Festival Tari Ratoh Jaroe Tahun 2022 Memperebutkan Piala Gubernur Aceh

Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) akan menggelar Festival Tari Ratoh Jaroe Tahun 2022 memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Aceh pada 29 Oktober s.d 5 November 2022.

Menurut Kepala BPPA Akkar Arafat, SSTP, MSi, melalui Kasubbid Promosi dan Pameran BPPA, Drs. Teuku Syafrizal, MSi, Festival Tari Ratoh Jaroe Tahun 2022 akan digelar di Auditorium Badan Penghubung Pemerintah Aceh, Jl RP Soeroso nomor 14 Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

"Pada tahun 2021 lalu, karena masih situasi pandemi Festival Tari Ratoh Jaroe diselenggarakan secara virtual. Tahun ini saat kami mempersiapkan kegiatan ini, statusnya sudah PPKM Level 1, sehingga kami gelar langsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," terang Teuku Syafrizal.

Dikatakan lebih lanjut oleh Teuku Syafrizal, penyelenggaraan Festival Tari Ratoh Jaroe (FTRJ) Tahun 2022 semula hendak diselenggarakan di Anjungan Pemerintah Aceh Taman Mini "Indonesia Indah" (TMII).

"Kami sudah menyampaikan surat pemberitahuan dilanjutkan beraudiensi dengan Direktur Eksekutif TMII terkait rencana penyelenggaraan Festival Tari Ratoh Jaroe pada Rabu (28/9/2022). Tetapi sangat disayangkan sampai kemarin menjelang akan diumumkannya kegiatan ini, manajemen TMII belum membalas surat dari BPPA," lanjut Teuku Syafrizal.

Informasi yang berkembang sebelumnya, TMII akan dibuka kembali pada bulan Oktober 2022. Karena itulah terkait rencana penyelenggaraan FTRJ ini, Teuku Syafrizal berkoordinasi dengan manajemen TMII.

"Karena kami tidak mungkin menunda lagi, tempat acara kami pindahkan ke Auditorium BPPA di Cikini," kata Syafrizal yang juga merupakan Pelaksana Harian Kepala Anjungan Pemerintah Aceh TMII.

Festival Tari Ratoh Jaroe (FTRJ) tahun ini menurut Teuku Syafrizal mengangkat tema "Bangkit kembali bersama meraih mimpi".

"Pendaftaran dilakukan secara online, form pendaftaran bisa diunduh pada web BPPA atau menghubungi nomor whats app panitia 0812-2577-7001 dan 0852-7010-0715," imbuhnya. Form pendaftaran bisa diunduh pada link ini : https://bit.ly/FormPendaftaranFTR2022

Pendaftaran dilakukan dengan mengisi form pendaftaran secara lengkap secara online 5 s.d 19 Oktober 2022. Selanjutnya pada saat pertemuan teknis (technical meeting) Sabtu, 22 Oktober 2022, berkas yang dikirim secara online diserahkan kepada panitia.

"Audisi atau babak penyisihan dilaksanakan pada 29 Oktober s.d 2 November 2022, final pada 5 November 2022," terang Syafrizal terkait teknis lomba.

Untuk menjamin penerapan protokol kesehatan Syafrizal menambahkan, audisi yang berlangsung selama lima hari, setiap hari maksimal menampilkan 20 group. Sehingga jumlah peserta juga akan dibatasi maksimal sampai 100 group.

"Karena itu pendaftaran bisa kami tutup lebih awal, apabila jumlah pendaftar sudah mencapai 100 group," pungkas Teuku Syarizal.