Dekranasda Aceh komit mengembangkan produk kerajinan dan melestarikan nilai-nilai budaya khas Aceh

JAKARTA - Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Aceh menghadiri Rapat Kerja Nasional Dewan Kerajinan Nasional tahun 2023 di Istana Wakil Presiden, Selasa, 12 September 2023.

Rapat kerja nasional tahun 2023 mengangkat tema "Karya Unggul, Indonesia Maju" dihadiri seluruh perwakilan Dekranasda dari seluruh Indonesia.

Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengatakan, terdapat sejumlah isu strategis dalam pengembangan kerajinan di Indonesia, di antaranya adalah ditigalisasi dan teknologi, keberlanjutan dan ramah lingkungan, kerajinan lokal dan warisan budaya, kerjasama desainer, pasar global dan ekspor, pengembangan sumberdaya manusia, pengembangan pasar dalam negeri, tantangan persaingan, dan keaslian dan kekhasan produk.

Menurutnya, sejumlah isu strategis tersebut mencerminkan pergeseran dalam industri kerajinan dan mempengaruhi sektor industri kerajinan.

"Olehnya, diharapkan Dekranasda mampu beradaptasi dan berinovasi untuk menghadapi tantangan dan peluang yang ada," ujarnya.

Ketua Dekranasda Aceh, Ayu Marzuki mengatakan, sejumlah isu yang disampaikan Ketua Umum Dekranasda akan ditindaklanjuti oleh Dekranasda Aceh.

"Insyallah apa yang disampaikan Ibu Ketua Umum akan kita terapkan di Dekranasda Aceh, agar sejalan dengan misi dan visi Dekranasda Pusat, di mana kita juga akan beradaptasi dalam menghadapi tantangan dan peluang dimaksudkan," jelas Ketua Dekranasda Aceh itu.

Ayu Marzuki menyampaikan, Dekranasda Aceh sebagai mitra pemerintah berkomitmen mengembangkan produk kerajinan sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya khas Aceh yang tercermin dalam produk kerajinan yang diciptakan oleh para pengrajin. Dekranasda Aceh juga akan berusaha menyiapkan regenerasi sumber daya manusia (SDM) pengrajin yang unggul.