Festival Tari Ratoh Jaroe Piala Gubernur Aceh Akan Diikuti 70 Sekolah

Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) kembali menggelar Festival Tari Ratoh Jaroe secara langsung, setelah pada tahun lalu hanya dilaksanakan secara virtual. Festival yang memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Aceh tersebut tahun ini akan diikuti 70 sekolah yang dibagi menjadi dua kategori, tingkat SMP dan SMA.

Kepala BPPA Akkar Arafat, SSTP, MSi, melalui Kasubbid Promosi dan Pameran BPPA, Drs. Teuku Syafrizal, MSi, menjelaskan masa pendaftaran peserta Festival Tari Ratoh Jaroe dimulai pada 5 Oktober 2022, dan sudah berakhir Rabu, 19 Oktober 2022 kemarin.

"Pendaftaran Festival Tari Ratoh Jaroe dilakukan secara online dengan mengunduh formulir dari web BPPA, setelah diisi lengkap kemudian dikirim via aplikasi WhatsApp kepada panitia," terang Kasubbid Promosi dan Pameran BPPA, Teuku Syafrizal, di kantor BPPA Jakarta, Kamis (20/10).

Dijelaskan lebih lanjut oleh Teuku Syafrizal, dengan kondisi yang masih berstatus PPKM Level 1 sampai 7 November 2022, pihaknya juga meminimalisir kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

"Selain pendaftaran yang dilakukan secara online, pada saat audisi atau babak penyisihan juga akan dilakukan secara bertahap. Jika sehari yang akan tampil 15 group misalnya, akan kita atur kehadirannya agar 15 group tersebut tidak dalam waktu bersamaan berada di lokasi," tambah Teuku Syafrizal.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Festival Tari Ratoh Jaroe Tahun 2022 akan digelar di Auditorium Badan Penghubung Pemerintah Aceh, Jl RP Soeroso nomor 14 Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Audisi atau Babak penyisihan akan dilaksanakan pada 29 Oktober s.d 2 November 2022 sedangkan babak final pada 5 November 2022.

Penyelenggaraan Festival Tari Ratoh Jaroe 2022 menurut Teuku Syafrizal merupakan bagian dari fungsi BPPA dalam pelaksanaan fasilitasi promosi potensi, sumber daya alam dan seni budaya.

"Karena itu kegiatan ini dibiayai dengan dana APBA Tahun 2022, sehingga peserta tidak dipungut biaya. Adapun hadiah total bagi pemenang, selain piala bergilir, piala tetap dan sertifikat juga ada uang pembinaan dengan total 44 juta rupiah," imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia Festival Tari Ratoh Jaroe 2022, Susan, SE.Ak, dengan telah selesainya masa pendaftaran berharap kepada para peserta agar giat berlatih mempersiapkan penampilannya.

"Gerakan dan syair diusahakan semaksimal mungkin bisa selaras," harap Susan.

Selain itu Susan meminta para peserta menjaga kesehatan. Sebelum tampil, malamnya harus cukup istirahat, sehingga bisa tampil total.

Untuk ikut memberikan dukungan kepada para peserta, Susan mengajak para pendukung peserta untuk membuat twibbon dan memasangnya di media sosial.

"Untuk ikut memeriahkan Festival Tari Ratoh Jaroe, adik-adik bisa membuat twibbon melalui link berikut http://twb.nz/festivaltariratohjaroe2022," katanya.*