• Gagal Operasi, Bayi Bocor Jantung Asal Ladong Aceh Besar Meninggal Dunia
  • Bayi Bocor Jantung, Muhammad Aska Pulang ke Banda Aceh Setelah Dirawat di RS Jantung Harapan Kita
  • Program Kerja Sebagai Pemanfaatan Fungsi FORKAPPSI
  • Bireuen Raih 4 Penghargaan di HUT Ke-44 TMII
  • Bocah Bocor Jantung asal Bener Meriah Meninggal di RS Jantung Harapan Kita Jakarta

Ikut Qanun Aceh tentang LKS, BPPA Alihkan Operasionalnya ke Bank Syariah 

Kepala BPPA, Almuniza Kamal saat membuka sosialisasi pengalihan operasional dari bank konvensional ke Bank Syariah Indonesia (BSI), di aula lantai 2 Mess Aceh Cikini, Jakarta Pusat, Senin, 22 Maret 2021. 

Jakarta - Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) akan beralih operasional dari bank konvensional ke bank syariah. Hal itu sesuai dengan Qanun Aceh Nomor 11 tahun 2018, tentang lembaga keuangan syariah (LKS). 

"Kegiatan ini sesuai dengan arahan Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT dan seluruh perangkatnya untuk melaksanakan Qanun Aceh nomor 11 tentang lembaga keuangan syariah," kata Kepada BPPA Almuniza Kamal S.STP, M.Si, saat membuka acara sosialisasi dari Bank Syariah Indonesia (BSI), di aula lantai 2 Mess Aceh Cikini, Jakarta Pusat, Senin, 22 Maret 2021. 

Almuniza menjelaskan, salah satu poinnya dalam Qanun tersebut pada pasal 6 poin (a) setiap orang beragama Islam yang bertempat tinggal di Aceh atau badan hukum yang melakukan transaksi di Aceh harus melakukan dengan syariah. 

"Poin (b), setiap bukan beragama Islam harus menunduk dengan qanun ini. Dan poin (c) setiap yang bukan beragama Islam, badan usaha atau badan hukum yang melakukan transaksi dengan pemerintah Aceh itu juga harus dilakukan dengan syariah," jelasnya. 

Dengan demikian, tambahnya, BPPA yang merupakan Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) yang berada diluar Aceh, maka akan mengikuti ketentuan sesuai  yang tertuang dalam pasal 6 tersebut. 

"Mungkin selama satu tahun atau tahun lalu masih dispensasi, masih diberikan kemudahan, dan transaksi atau gaji kita di BPPA masih menggunakan ke bank konvensional," katanya. 

Namun, untuk tahun ini seluruh operasional di BPPA yang berkaitan dengan keuangan akan menggunakan bank syariah, yaitu melalui BSI. "Insya Allah pada bulan April tahun ini, operasional kita sudah menggunakan bank syariah dan kerjasama dengan BSI, termasuk pembayaran gaji PNS dan Tenaga Kontrak," ujarnya. 

Adapun dalam acara sosialisasi yang diikuti Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan non-PNS di ruang lingkup Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), dipandu oleh tim BSI KCP Saharjo, Jakarta, dibawah arahan Branch Manager Dian Wulandari.