• Pemerintah Aceh Sambut Nelayan Asal Sabang yang Kecelakaan Pelayaran di Thailand
  • Setelah Tertunda, Jenazah Mahasiswi Asal Nagan Raya Sampai Di Jakarta
  • BPPA Pulangkan Jenazah Pemuda asal Lhokseumawe yang Meninggal di Jakarta
  • Meninggal di Kairo, BPPA Pulangkan Mahasiswi Aceh Asal Nagan Raya
  • Diduga Korban Human Trafficking, Pemerintah Aceh Pulangkan Tujuh Warganya

Ikut Rakernas Dekranas, Ketua Dekranasda Aceh Sampaikan Program Kerja

JAKARTA - Ketua Dekranasda Aceh Ayu Candra Febiola Nazuar mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 2022 di Jakarta, Selasa, 20 September 2022 didampingi istri Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Mellani Subarni.

Dalam Rakernas yang digelar di Auditorium Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat itu, dibuka langsung oleh Ketua umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin.

Ketua Dekranasda Aceh menyampaikan sejumlah program kerja dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui bidang kerajinan, diantaranya produk unggulan Dekranasda Aceh.

"Seperti bordir Kerawang, kerajinan batang kelapa, anyaman pandan, sulaman benang emas, tenun, dan aneka produk kerajinan lainnya," kata Isteri Pj Gubernur Aceh itu.

Selanjutnya ia menyebutkan, adapun upaya strategis yang sudah dilaksanakan oleh Dekranasda Aceh yaitu pembinaan desa kerajinan pada 23 kabupaten/kota di Aceh.

"Pengembangan produk dengan memberikan keterampilan kepada pengrajin untuk pengembangan produk. Pengembangan usaha kerajinan dengan memberikan sosialisasi kepada para perajin di 23 kabupaten/kota, pengembangan database kerajinan berbasis web, showroom kerajinan Dekranasda Aceh, serta promosi dan pemasaran," sebutnya.

Kemudian, Ayu menyampaikan rencana program kerja prioritas kedepan dengan membentuk klinik kerajinan, Aceh handicraft reborn, lomba desain cendramata khas Aceh, melakukan kerjasama dengan stakeholder terkait untuk pengembangan produk kerajinan.

"Lalu memfasilitasi para perajin untuk mengakses pasar digital melalui Tokopedia, Bukalapak dan lainnya. Serta pengembangan produk anyaman, bordir, tenun yang lebih berkualitas," katanya.

Selain itu, Ayu juga mengatakan permasalahannya selama ini, bahan baku umumnya masih didatangkan dari luar daerah, upah tenaga kerja yang relatif tinggi, kualitas SDM yang masih perlu ditingkatkan, kualitas produk belum sepenuhnya memenuhi standar.

"Desain, kemasan dan finishing produk masih perlu peningkatan. Dan operasional, pembinaan serta pendamping terbatas," kata Ayu.

"Kita juga berharap bisa memberikan award kepada perajin dengan katagori dan kriteria tertentu. Mengupdate kebutuhan dan selera pasar terkini untuk produk kerajinan, serta adanya suatu analisa pasar kerajinan untuk produk yang palinb diminati konsumen," sebutnya.


Keterangan Foto: Ketua Dekranasda Aceh Ayu Candra Febiola Nazuar foto bersama dengan Ketua umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin, dan peserta Rakernas Dekranas lainnya, di Auditorium Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa, 20 September 2022.