• Pemerintah Aceh Sambut Nelayan Asal Sabang yang Kecelakaan Pelayaran di Thailand
  • Setelah Tertunda, Jenazah Mahasiswi Asal Nagan Raya Sampai Di Jakarta
  • BPPA Pulangkan Jenazah Pemuda asal Lhokseumawe yang Meninggal di Jakarta
  • Meninggal di Kairo, BPPA Pulangkan Mahasiswi Aceh Asal Nagan Raya
  • Diduga Korban Human Trafficking, Pemerintah Aceh Pulangkan Tujuh Warganya

Pemerintah Aceh dan Pemkab Blora Sepakat Kawal Pemberian Gelar Pahlawan kepada Pocut Meurah Intan

BLORA - Pemerintah Aceh bersama Pemerintah Kabupaten Blora sepakat untuk mengawal usulan pemberian Gelar Pahlawan Nasional untuk Pocut Merah Intan. 

Kesepakatan menindaklanjuti usulan Bupati Blora, H Arief Rohman SIP yang disampaikan Bupati Arief saat menyambut delegasi Pemerintah Aceh di Pendopo Bupati kepada Perwakilan pemerintah  Aceh melalui Kasubbid Hubungan antar Lembaga dan Masyarakat, Ir Cut Putri Alyanur mewakili Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Akkar Arafat SSTP MSi, kemarin, Selasa, 22 November 2022.

Cut Putri menyebutkan hubungan antara pemerintah Aceh dengan Pemkab Blora baru tahap awal. Diharapkan, ke depan kedua daerah ini dapat menjalin kerjasama. Selain itu, Cut Putri juga mengajak pemerintah kabupaten Blora untuk melakukan kunjungan ke Anjungan Aceh di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk melakukan berbagai kegiatan bersama.

Sementara, Bupati Blora H Arief Rohman, SIP, MSi menyambut baik kunjungan BPPA mewakili Pemerintah Aceh untuk berziarah ke makam Pocut Meurah Intan.

Arief Rohman mengatakan Pemerintah Kabupaten Blora memiliki beberapa agenda yang bisa dikomunikasikan dengan Pemerintah Aceh, antara lain sebagai sesama daerah penghasil migas.

Selain itu, Arief sepakat untuk melakukan pengawalan terhadap usulan pemberian gelar Pahlawan kepada pejuang Aceh Pocut Meurah Intan yang dimakamkam di Makam Keluarga Tegalsari, Desa Temurejo, Kecamatan Blora.

"Beliau adalah pahlawan kita, semoga semangat dan nafas perjuangan beliau bisa kita tiru dan menjadi spirit kita. Semoga beliau khusnul khatimah," harap Arief.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blora didampingi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Blora, Dra Indah Purwaningsih, MSi yang sekilas menginformasikan perkembangan pengajuan usul gelar Pahlawan Nasional bagi Pocut Meurah Intan. 

Juga Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata, Drs Kunto Aji yang menyampaikan bahwa makam Pocut Meurah Intan saat ini sudah menjadi cagar budaya.

Usai pertemuan dilanjutkan dengan ziarah bersama Bupati Blora dan delegasi BPPA ke makam Pocut Meurah Intan. Di Makam Keluarga Tegalsari, Desa Temurejo, Kecamatan Blora, delegasi BPPA disambut Kepala Desa Kasmuriyanto dan pengusaha asal Aceh, Teuku Salahuddin.

Bupati Blora H Arief Rohman memimpin langsung ziarah di makam Pocut Meurah Intan.