• Pemerintah Aceh Sambut Nelayan Asal Sabang yang Kecelakaan Pelayaran di Thailand
  • Setelah Tertunda, Jenazah Mahasiswi Asal Nagan Raya Sampai Di Jakarta
  • BPPA Pulangkan Jenazah Pemuda asal Lhokseumawe yang Meninggal di Jakarta
  • Meninggal di Kairo, BPPA Pulangkan Mahasiswi Aceh Asal Nagan Raya
  • Diduga Korban Human Trafficking, Pemerintah Aceh Pulangkan Tujuh Warganya

Penjabat Gubernur Aceh bersama Forkopimda Aceh Hadiri Rakornas Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi

Penjabat Gubernur Aceh saat mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Selasa, 17 Januari 2023 itu, dibuka langsung oleh P

JAKARTA - Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Selasa, 17 Januari 2023.

Acara yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) itu diikuti oleh 4.551 peserta yang terdiri dari pusat hingga daerah di Indonesia.

Dalam acara itu Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada seluruh peserta yang hadir mengenai kebijakan pemerintah pusat dalam memperkuat ekonomi dan pengendalian inflasi.

Presiden menyebutkan bahwa sekecil apapun kebijakan haruslah berbasis dengan data-data yang ada di lapangan.

Menurutnya, situasi global saat ini masih sangat tidak mudah apalagi momok inflasi yang berdampak pada semua negara. "Ini adalah momok semua Negara," kata Jokowi di hadapan ribuan peserta rakornas.

Oleh sebab itu Jokowi meminta agar seluruh Pimpinan daerah bisa meningkatkan kerjasama untuk mengantisipasi hal tersebut. Saat ini, kata Jokowi, tingkat inflasi di Indonesia berada pada angkat 5,5 persen, jauh berbeda daripada negara lain yang mencapai 9,2 persen.

Rendahnya angka inflasi ini menurutnya berkat kerja keras semua pihak. Padahal negara lain mencapai 9,2 persen.

"Coba dilihat di negara lain bahkan ada yang mencapai ke 9,2 persen, seperti Uni Eropa. Ini angka yang sangat tinggi sekali," sebutnya.

Oleh sebab itulah dia berharap seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota bersama dengan Bank Indonesia agar terus memantau harga-harga barang dan jasa di lapangan.

"Tolong Bupati Walikota Gubernur sering-sering masuk pasar, cek betul di lapangan apakah data sesuai dengan fakta di lapangan," katanya.

Jokowi juga menekankan agar kenaikan tarif yang telah diatur oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus diperhatikan dengan baik. Ia mencontohkan tarif tersebut seperti tarif PDAM, dan tarif angkutan.

Sementara, Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki mengatakan akan menindaklanjuti arahan yang disampaikan Presiden Joko Widodo. Penjabat Gubernur juga akan melakukan koordinasi dengan seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk bersama-sama menjalankan arahan Presiden.

"Kita akan bekerjasama dengan seluruh stakeholder untuk mencapai tujuan bersama," jelas Penjabat Gubernur.