• Gagal Operasi, Bayi Bocor Jantung Asal Ladong Aceh Besar Meninggal Dunia
  • Bayi Bocor Jantung, Muhammad Aska Pulang ke Banda Aceh Setelah Dirawat di RS Jantung Harapan Kita
  • Program Kerja Sebagai Pemanfaatan Fungsi FORKAPPSI
  • Bireuen Raih 4 Penghargaan di HUT Ke-44 TMII
  • Bocah Bocor Jantung asal Bener Meriah Meninggal di RS Jantung Harapan Kita Jakarta

Penuhi Standar WHO, Satgas Covid-19 Aceh Terus Tingkatkan Tes Swab

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani

Banda Aceh— Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Coronanvirus Disease 2019 (Covid-19) Aceh terus meningkatkan pemeriksaan spesimen swab untuk memenuhi standar WHO. Hingga saat ini, sudah dilakukan pemeriksaan sebanyak 12.773 spesimen swab orofaring dan nasofaring suspek virus corona, sejak Maret silam.

Berdasarkan pemeriksaan dengan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) tersebut 3.784 terkonfirmasi positif, dan sisanya negatif.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani  (SAG) mengatakan, spesimen swab yang sudah dikirim ke laboratorium RT-PCR. Namun masih menunggu hasilnya sebanyak 36 spesimen. Sementara itu ada 91 terkonfirmasi baru, dan 6 orang meninggal dunia.

“Pemeriksaan spesimen swab terus ditingkatkan hingga memenuhi standar yang ditetapkan WHO dan Kementerian Kesehatan,” kata SAG kepada awak media di Banda Aceh, Selasa 22 September 2020.

Ia juga melaporkan jumlah total pasien Covid-19 di Aceh saat ini mencapai 1.809 orang, 133 orang (7%) sedang dirawat di rumah sakit rujukan di RSUDZA Banda Aceh dan RSUD kabupaten/kota, 1.809 (93%) lainnya melakukan isolasi mandiri atau di tempat isolasi yang disediakan Pemerintah Aceh, dan kabupaten/kota.

Selanjutnya SAG merinci distribusi 91 kasus baru (konfirmasi) Covid-19 yang dilaporkan hari ini, meliputi warga Kota Banda Aceh sebanyak 18 orang, Aceh Besar dan Gayo Lues sama-sama 15 orang, Aceh Barat 8 orang, langsa dan Pidie masing-masing 6 orang.

Sementara itu, warga Pidie Jaya dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 5 orang, Aceh Tamiang 4 orang, Nagan Raya 3 orang. Warga Aceh Barat Daya, Aceh Tengah, Simeulue, dan Subulussalam, bertambah kasus positif masing-masing 1 orang. Sisa 7 orang lagi merupakan warga dari luar Aceh.

Kumulatif Covid-19

Lebih lanjut SAG menjelaskan, dengan ada penambahan 91 kasus positif Covid-19 (konfirmasi) baru, secara akumulasi jumlah korban virus corona di Aceh sudah mencapai 3.784 orang. Rinciannya, 1.904 orang dalam penanganan tim medis di rumah sakit rujukan atau di tempat isolasi, 1.738 orang dinyatakan sembuh, 142 orang meninggal dunia.

“Ada 6 orang pasien Covid-19 (terkonfirmasi) yang dilaporkan meninggal dunia dan semua di Aceh Besar,” kata SAG.

Sementara itu, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau kasus probable secara akumulasi sebanyak 396 orang. Dari jumlah tersebut, 52 PDP/probable dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 323 sudah sembuh (selesai isolasi), dan 21 orang lainnya meninggal dunia.

Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 2.778 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.554 orang sudah selesai masa pemantauan (selesai isolasi), 223 orang dalam proses isolasi dan dalam pemantauan Tim Gugus Tugas Covid-19 , dan 1 orang isolasi di rumah sakit.