• Gubernur Nova Siap Terima Peluang Investasi Perusahaan asal Abu Dhabi
  • Pemerintah Aceh Sambut Nelayan Asal Sabang yang Kecelakaan Pelayaran di Thailand
  • Setelah Tertunda, Jenazah Mahasiswi Asal Nagan Raya Sampai Di Jakarta
  • BPPA Pulangkan Jenazah Pemuda asal Lhokseumawe yang Meninggal di Jakarta
  • Meninggal di Kairo, BPPA Pulangkan Mahasiswi Aceh Asal Nagan Raya

Piala Bergilir Gubernur Aceh Siap Diperebutkan Kembali 

Tim Panitia Penyelenggara  Festival Tari Ratoh Jaroe dari BPPA, mengambil Piala Bergilir Gubernur Aceh, dari pemenang tahun 2019, Selasa, 9 November 2021.

PRESS RILIS

 

 

Jakarta - Piala bergilir Gubernur Aceh untuk Festival Tari Ratoh Jaroe tahun ini, sudah diambil dari pemenang pada acara sebelumnya tahun 2019. 

Pemenang pertama tingkat SMA/PT saat itu adalah SMAN 90 Jakarta, dan peringkat pertama tingkat SMP yaitu SMP Islam Al-Azhar 8 Bekasi. 

Piala bergilir itu saat ini telah diambil langsung oleh tim panitia penyelenggara Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Selasa, 9 November 2021 untuk digulirkan kembali pada tahun 2021. 

"Piala ini nantinya akan kita serah lagi kepada para pemenang pertama selanjutnya. Karena ini merupakan piala bergilir," kata Kepala BPPA Almuniza Kamal SSTP MSi didampingi Kasubbid Promosi dan Pameran Drs Teuku Syafrizal, MSi, Rabu, 10 November 2021. 

Almuniza mengatakan, even tahunan yang memperebutkan hadiah total Rp43.500.000 ini, diadakan guna mengembangkan bakat dan kreatifitas generasi muda terhadap kesenian seni tari, juga meningkatkan apresiasi seni tari Ratoh Jaroe dikalangan masyarakat khususnya generasi muda di Indonesia. 

"Serta meningkatkan rasa cinta akan budaya tradisional, adat istiadat di bidang seni tari untuk masyarakat generasi muda," sebutnya. 

Ia menyebutkan, festival yang bertemakan "Gelora gerak semangat gemilang yang tiada henti, tetap lestari dalam kondisi pandemi Covid-19" ini digelar setelah sempat tertunda tahun 2020 akibat wabah Covid-19 yang hampir berlangsung dua tahun di Indonesia. 

"Namun, seiring dengan perkembangan situasi di DKI Jakarta yang mulai membaik dengan status PPKM Level 1, maka BPPA memandang perlu untuk menghidupkan kembali penyelenggaraan Festival Tari Ratoh Jaroe," kata Almuniza. 

Tentunya, tambah Almuniza,  ajang perlombaan ini diikuti dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan. Sehingga festival ini digelar secara online atau virtual bagi para pelajar SMP dan SMA/Perguruan Tinggi se-Nasional. 

"Mudah-mudahan festival ini berlangsung sukses. Dan menghasilkan bakat-bakat baru dari para peserta festival Tari Ratoh Jaroe tersebut, untuk kemajuan dunia seni kita kedepan," ujarnya.