Sebulan Cari Kerja di Jakarta Tidak Ada Hasil, Pasangan Suami-Isteri asal Bireuen ini Dibantu Pemulangannya

JAKARTA - Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) kembali memfasilitasi pemulangan dua warga Aceh asal Bireuen, Zaki Mubarak (19) dan Masyitah (22), dari Jakarta, karena kurang mampu.

Pasangan suami-istri asal Paloh Seulimeng, Jeumpa, Bireuen ini ke Ibukota untuk mencari pekerjaan, namun sudah sebulan di perantauan belum membuahkan hasil. Sehingga keduanya memilih pulang ke kampung, apalagi sang isteri tengah hamil muda.

Kepala BPPA Akkar Arafat S.STP, M.Si, mengatakan dengan melihat kondisi mereka selama di Jakarta pihaknya merasa iba saat menceritakan kondisinya. Sehingga keduanya berhak mendapatkan bantuan, hal itu juga keinginan mereka untuk dipulangkan ke Aceh.

"Insya Allah kita bantu pulangkan. Karena mereka warga kita yang kurang mampu, jadi patut dibantu. Dan ini juga amanah Pj Gubernur Aceh supaya memperhatikan warga Aceh kurang mampu yang di Jakarta," kata Akkar.

Ia menyebutkan, keduanya akan dipulangkan ke Aceh dengan menumpangi bus Putra Pelangi, melalui Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Jumat, 21 Oktober 2022. "Insya Allah siang ini mereka berangkat ke Aceh," ujarnya.

Sementara itu, warga Bireuen, Zaki Mubarak mengatakan sudah berada di Jakarta sejak sebulan yang lalu untuk mencari pekerjaan, demi membiayai keluarganya.

"Awalnya ke Jakarta karena ditawari sama teman, bahwa di sini ada pekerjaan. Maka sehingga saya tertarik dan membawa serta isteri saya, tapi hingga sekarang tidak memperoleh pekerjaan apapun," katanya.

Dengan kondisi seperti ini, Zaki bersama isterinya Masyitah yang selama di Jakarta tinggal di tempat sanak saudaranya di bilangan Kramat Pulo, Jakarta Pusat pun memilih pulang ke Aceh.

"Persediaan uang saya pun sudah habis untuk sehari-hari. Kondisi isteri sedang hamil yang saat ini sudah masuk empat bulan, makanya kita memilih pulang ke kampung, setidaknya di sana kalau ada apa-apa, ada keluarga yang bantu," sebutnya.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Aceh, khususnya Badan Penghubung Pemerintah Aceh karena telah memfasilitasi pemulangan mereka ke kampung. Karena dinilai sangat membantu.

Keterangan Foto: Pasangan Suami-Isteri asal Bireuen (kanan) foto bersama staf BPPA sebelum dipulangkan ke Aceh, di Kantor BPPA di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat, 21 Oktober 2022.