• Gubernur Nova Siap Terima Peluang Investasi Perusahaan asal Abu Dhabi
  • Pemerintah Aceh Sambut Nelayan Asal Sabang yang Kecelakaan Pelayaran di Thailand
  • Setelah Tertunda, Jenazah Mahasiswi Asal Nagan Raya Sampai Di Jakarta
  • BPPA Pulangkan Jenazah Pemuda asal Lhokseumawe yang Meninggal di Jakarta
  • Meninggal di Kairo, BPPA Pulangkan Mahasiswi Aceh Asal Nagan Raya

Sekda Aceh Pantau Donor Darah BPPA

Sekda Aceh Taqwallah saat memantau aksi donor darah para PNS dan non-PNS BPPA, di Aula lantai 2, Kantor BPPA di Jakarta Pusat, Senin, 30 Mei 2022. (Foto: Humas BPPA)

PRESS RILIS

 

 

Jakarta - Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh dr Taqwallah MKes memantau pelaksanaan donor darah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan non-PNS di ruang lingkup Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) di Aula lantai 2, Kantor BPPA Jakarta, Senin, 30 Mei 2022.

Dalam pantauan donor darah dengan tema "Darahku untuk seribu kehidupan" itu, Sekda Aceh menyambangi meja tempat petugas melakukan pendataan hingga tempat peserta sedang melakukan donor darah. Sekda kepada petugas pendataan menanyakan jumlah peserta yang melakukan donor darah di BPPA.

"Terima kasih telah melakukan donor darah. Lanjutkan," kata Taqwallah.

Begitu juga kepada pendonor ia memberikan semangat kepada mereka agar rutin melakukan donor darah. "Sudah berapa kali melakukan donor darah. Saya sudah 35 kali," ujar Sekda.

Kepala BPPA Almuniza Kamal, SSTP, MSi mengatakan, untuk donor darah yang kelima kalinya ini yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, berhasil mengumpulkan sebanyak 43 kantong darah.

"Donor darah ini digelar bertujuan untuk meningkatkan empati dan simpati, berbagi dan menerima antara sesama, guna terus berperan dalan membagi setetes darah bagi mereka yang memerlukan. Donor darah ini juga dilakukan, karena merupakan amanah dari Gubernur Aceh Nova Iriansyah MT. Amanah adalah program pengabdian kepada masyarakat dari beliau, serta program terdepan selama Aceh dipimpin Gubernur Nova," katanya.

Ia menyebutkan, program donor darah ASN Pemerintah Aceh yang digagas oleh Gubernur Aceh itu telah ditetapkan sebagai agenda rutin yang mana ASN di setiap Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) di Aceh didorong untuk mendonorkan darahnya secara sukarela. Setiap SKPA akan mendapatkan jadwal secara bergilir sesuai dengan ketentuan waktu donor darah.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dan Rumah Sakit di sejumlah daerah di Aceh dalam memperoleh dan memenuhi kebutuhan darah.

"Ke depan donor darah akan menjadi kegiatan rutin. Komitmen donor darah akan terus kita dijalankan," katanya.

Almuniza berharap, donor darah yang dilakukan pihaknya bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Selain itu, dia juga menyampaikan terima kasih kepada tenaga medis dari PMI DKI Jakarta dibawah tanggung jawab dokter Elly karena sudah membantu terlaksananya acara donor darah ini.

Dalam donor darah itu, terkumpul sebanyak 43 kantong darah dari 68 pendonor. Selebihnya 25 pendonor lainnya belum dapat diambil darahnya dengan berbagai alasan, salah satunya memiliki kadar HB rendah dan tinggi, faktor usia, hingga kondisi kesehatan.

Hingga saat ini, BPPA telah menyelenggarakan empat kali donor darah, yakni pada 20 Januari, 1 April, 3 Desember 2021, 21 Maret, dan hari ini 30 Mei 2022.