• Gubernur Nova Siap Terima Peluang Investasi Perusahaan asal Abu Dhabi
  • Pemerintah Aceh Sambut Nelayan Asal Sabang yang Kecelakaan Pelayaran di Thailand
  • Setelah Tertunda, Jenazah Mahasiswi Asal Nagan Raya Sampai Di Jakarta
  • BPPA Pulangkan Jenazah Pemuda asal Lhokseumawe yang Meninggal di Jakarta
  • Meninggal di Kairo, BPPA Pulangkan Mahasiswi Aceh Asal Nagan Raya

SMAN 9 Tangsel dan SMPN 19 Jakarta Selatan Raih Juara Festival Tari Ratoh Jaroe 

Para pemenang Festival Tari Ratoh Jaroe tingkat nasional menerima Piala Bergilir Gubernur Aceh dan hadiah, di Anjungan Pemerintah Aceh TMII, Jakarta Timur, Sabtu, 4 Desember 2021.

PRESS RELEASE

 

 

Jakarta - Panitia  Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) akhirnya menyerahkan Piala Bergilir Gubernur Aceh 2021 bagi juara pertama Festival Tari Ratoh Jaroe tingkat nasional. 

Pemenang pertama tingkat SMA/Perguruan Tinggi diraih oleh SMA Negeri 9 Tangerang Selatan (Tangsel). Sedangkan tingkat SMP diraih SMP Negeri 19 Jakarta Selatan. 

Penyerahan piala bergilir Gubernur Aceh, hadiah dan piala bagi pemenang dari juara satu hingga harapan tiga serta juara favorit, dilaksanakan di Anjungan Pemerintah Aceh, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu, 4 Desember 2021. 

Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Almuniza Kamal, SSTP MSi, yang diwakili Kasubbid Promosi dan Pameran BPPA Drs. Teuku Syafrizal, MSi dalam sambutannya saat penyerahan hadiah menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi. 

"Kami mohon maaf bila selama penyelenggaraan ada kekurangan yang masih ditemui," katanya. 

Ia juga menyampaikan permintaan maaf, karena penyerahan hadiah tidak bisa dilakukan langsung oleh Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, MT. 

"Sebelumnya sudah dijadwalkan, tapi karena bersamaan dengan masa ujian sekolah para peserta, sehingga ditunda dan baru hari ini bisa diserahkan di Anjungan Pemerintah Aceh TMII," sebutnya. 

Diketahui, penyelenggaraan Festival Tari Ratoh Jaroe oleh BPPA pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena digelar secara virtual, setelah tahun  2020 tidak diadakan akibat pandemi Covid-19. 

"Kali ini,  peserta merekam sendiri penampilannya untuk selanjutnya video rekaman dikirimkan kepada panitia," sebutnya. 

Ia juga menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang tari Ratoh Jaroe 2021 yang telah dilaksanakan dalam beberapa waktu ini. 

"Terima kasih juga kepada seluruh peserta yang sudah ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini," kata Almuniza. 

Menurutnya, event tahunan ini penting digelar, dan fundamental untuk mempromosikan kebudayaan di Aceh. Meski pun Ratoh Jaroe adalah tari kreasi (tari baru yang dikolaborasikan oleh seniman Aceh di Jakarta). Namun semua gerakan tarian ini mencerminkan tarian dan kultur masyarakat. 

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semua pihak dapat memberikan manfaat dan kebeberagaman yang ada di Aceh," katanya. 

Adapun pemenang festival tari Ratoh Jaroe 2021 yang memperebutkan total hadiah Rp43.500.000, dari 40 peserta yang tampil secara virtual diantaranya, untuk tingkat SMA/Perguruan Tinggi,  juara 1 SMA Negeri 9 Tangerang Selatan, juara 2 SMA Negeri 11 Tangerang Selatan, juara 3 SMA Negeri 23 Jakarta. 

Selanjutnya juara harapan 1 SMA Negeri 3 Bekasi, juara harapan 2 Jakarta Islamic School, juara harapan 3 SMA Negeri 12 Tangerang Selatan, dan juara favorit SMA Negeri 9 Tangerang. 

Sedangkan, untuk tingkat SMP yakni juara 1 SMP Negeri 19 Jakarta Selatan, juara 2 SMP Negeri 11 Jakarta, dan juara 3 SMP Islam Al-Azhar  31 Bekasi. Lalu, juara harapan 1 SMP Negeri 161 Jakarta, juara harapan 2 SMP Al Azhar 12 Rawamangun,  juara harapan 3 SMP Negeri 19 Jakarta Selatan, dan juara favorit SMP Negeri 19 Jakarta Selatan.