Songket Aceh Lolos Kurasi di Sarinah, Ketua Dekranasda Aceh Sampaikan Terima Kasih

Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati saat melakukan site visit ke New Store Sarinah Transformation, di Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 24 Februari 2022 kemarin. (Foto: Humas BPPA)

PRESS RILIS

 

 

Jakarta - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT menyampaikan terima kasih kepada pihak Store Sarinah, karena telah melakukan kurasi meloloskan kain songket Aceh untuk bisa menjadi bagian pemasaran di New Store Sarinah Transformation nantinya.

"Dekranasda Aceh telah mengirimkan beberapa produk unggulan dengan kualitas terbaik, seperti produk anyaman bili, bordir, songket dan aksesoris," kata Dyah Erti Idawati, usai melakukan site visit ke New Store Sarinah Transformation, di Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 24 Februari 2022 kemarin.

Dyah mengatakan, Dekranasda Aceh sudah melakukan beberapa kali pertemuan baik secara offline maupun daring untuk kurasi produk-produk tersebut bersama dengan para kurator.

"Dengan berbagai penilaian, saran dan masukan dari para kurator, produk songket Aceh yang terpilih lolos kurasi," kata Isteri Gubernur Aceh itu.

Ia menyebutkan, produk yang dipasarkan di Sarinah merupakan produk dengan kualitas terbaik atau ready to export. Sarinah juga menfasilitasi produk usaha kecil dan menengah (UKM) untuk bisa melakukan ekspor ke berbagai negara.

"Ini merupakan terobosan besar dan langkah awal bagi UKM Aceh di pasar nasional. Kepada para UKM Aceh tetap semangat , kreatif, inovatif utk terus berkarya. Harapan kami semoga banyak produk Aceh lainnya, baik craft maupun kuliner juga dapat memasarkan produknya di Sarinah," ujarnya.

Sementara itu, Vice President Divisi Specialty Store Sarinah, Irawati Endarwaty mengatakan, Sarinah merupakan simbol landmark dari nation brand yang merupakan departemen store pertama di Indonesia didirikan tahun 1962.

"Sarinah diharapkan menjadi simulator, mediator, dan alat distribusi untuk masyarakat luas dan menjalankan fungsinya sebagai penstabil ekonomi, pelopor dalam pengembangan bisnis ritel dan berpartisipasi dalam perubahan struktur ekonomi indonesia," katanya.

Ditambahkannya, Sarinah transformasi mengusung konsep baru dengan desain yang lebih modern dan tetap mempertahankan nuansa Indonesia yang kental.

Ia menjelaskan, marketing plan Sarinah, rencana akan melakukan soft opening Sarinah Transformation ini pada akhir Maret 2022, dan grand opening di bulan Juni 2022.

"Rencana akan dibuka oleh bapak Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir," ujarnya.

Adapun dalam acara site visit ke New Store Sarinah Transformation itu, sejumlah para calon mitra Sarinah dibawa berkeliling melihat seluruh persiapan store yang saat ini sedang dalam tahap finishing.