Wakili Pj Gubernur Aceh, Kepala BPPA Hadiri Acara Puncak HPN 2024 di Ancol

Jakarta - Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki diwakili Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh Akkar Arafat S.STP, M.Si, menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Ecovention Ancol, Jakarta, Selasa 20 Febuari 2024.

Adapun HPN tahun 2024 itu sendiri mengusung tema Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa.

Acara tersebut juga dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo

Dalam keterangan tertulis Akkar selaku perwakilan Pj Gubernur Aceh dalam acara tersebut menyampaikan selamat Hari Pers Nasional 2024 untuk seluruh insan pers di Indonesia.

Menurutnya pers saat ini sangat berperan penting dalam membantu pemerintah untuk memastikan gerak laju pembangunan daerah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Dan saat ini kita tahu bahwa pers telah berhasil memainkan peranya secara optimal. Apalagi untuk pers di Aceh juga seringkali mengingatkan pemerintah jika keliru, mengawal pemerintah jika berproses, dan memberikan masukan kepada pemerintah ketika berencana," ujarnya.

Lebih lanjut Akkar menuturkan, giatnya pers dalam mengingatkan pemerintah dan melakukan kontrol terhadap berbagai program dan kegiatan daerah sejauh ini juga sangat memuaskan.

"Akibatnya, laju pembangunan menjadi lebih terarah dan jauh dari prilaku koruptif," katanya.

Oleh sebab itu dia meminta ke depan agar insan pers selalu istiqomah dalam memaksimal fungsi pers yang sesunggunya itu.

"Dan tentu dalam menjalankan fungsi itu, pers haruslah profesional, memberitakan berita berimbang,tidak memihak, bermamfaat bagi orang sebagaimana yang telah di amanahkan oleh Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers serta tetap mempedomani kode etik jurnalistik," tutupnya.