Aceh Dukung Kemenkes Berkomitmen Memperkuat Suplementasi Vitamin A

Istri Plt Gubernur Aceh yang juga Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, ikut menandatanganan deklarasi komitmen untuk bersama meningkatkan pemanfaatan Buku KIA untuk memenuhi Hak Kesehatan Ibu, Anak dan Gizi dalam Memperkuat Suplementasi Vitamin A di Indonesia. Acara tersebut berlangsung pada Rabu (19/9) di Hotel JS Luwansa Jl. H. R. Rasuna Said Kav. C-22, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

Penandatanganan deklarasi merupakan bagian dari kegiatan Workshop Advokasi Pemanfaatan Buku KIA Terintegrasi Kesehatan Ibu, Anak dan Gizi dalam Memperkuat Suplementasi Vitamin A di Indonesia, bagi lintas program dan sektor terkait yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Kegiatan workshop itu sendiri dilaksanakan pada hari Selasa s.d Jumat, 18 s.d 21 September 2018 di tempat yang sama.

Komitmen bersama untuk meningkatkan suplementasi vitamin A ditandatangani perwakilan dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Dinas Kesehatan Provinsi, TP PKK Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota serta organisasi non pemerintah.

Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, dr Kirana Pritasari MQIH, dalam kesempatan tersebut menjelaskan pentingnya Buku KIA.

“Buku ini dibagikan pada awal kehamilan, itu langsung dicatat di buku KIA bisa oleh petugas kesehatannya, bisa juga diisi oleh ibu sendiri. Buku ini mengajarkan kepada ibu-ibu pertanyaan-pertanyaan yang dia bingungkan tentang kehamilan,” ungkapnya.

Buku Kesehatan Ibu dan Anak (Buku KIA) berisi catatan kesehatan ibu (hamil, bersalin dan nifas) dan anak (bayi baru lahir sampai anak usia 6 tahun) serta berbagai informasi cara memelihara dan merawat kesehatan ibu dan anak. Setiap ibu hamil mendapat 1 (satu) Buku KIA. Jika ibu hamil atau melahirkan bayi kembar, maka ibu memerlukan tambahan buku KIA lagi. Buku KIA tersedia di Posyandu, Polindes/Poskesdes, Puskesmas Pembantu, Puskesmas, bidan praktik, dokter praktik, rumah bersalin dan rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial