Aceh-Sumut Akhirnya Resmi Ditetapkan Menjadi Tuan Rumah PON XXI Tahun 2024

Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) yang berlangsung Selasa (24/4) lalu akhirnya secara resmi memutuskan Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) menjadi tuan rumah bersama dalam penyelenggaraan PON XXI pada tahun 2024 nanti. Keputusan tersebut diambil setelah melalui pemungutan suara, Aceh-Sumut berhasil menyisihkan dua calon tuan rumah lainnya, yakni Bali-NTB dan Kalimantan Selatan (Kalsel). Dalam pemungutan suara yang diikuti utusan KONI dari 34 provinsi, Aceh-Sumut berhasil meraih 24 suara. Jauh meninggalkan Bali-NTB yang hanya meraih 8 suara dan Kalsel hanya 2 suara.

Sebelum pemungutan suara dilakukan, masing-masing calon tuan rumah mempresentasikan kesiapannya sebagai calon tuan rumah PON XXI. Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Wagub Sumut Nurhajizah Marpaung mempresentasikan kesiapan kedua daerah untuk menjadi tuan rumah bersama. Sebenarnya Irwandi masih dalam perawatan sepulang dari Amerika Serikat, namun memaksakan diri untuk bisa datang.

“Saya cabut infus di tubuh saya, agar saya bisa datang ke sini,” cerita Irwandi kepada para wartawan.

Bersama gubernur juga hadir Ketua KONI Aceh Muzakir Manaf dan sejumlah petinggi organisasi olahraga Aceh lainnya.

Pembukaan Musornaslub sendiri sempat dimeriahkan pementasan tari Ratoh Jaroe dari SMP Islam Al Azhar 8 Kemang Pratama, Bekasi. Selain itu juga ada suguhan makan khas dari Aceh dan Sumut, seperti: Bika Ambon, mie Aceh, martabak, Kopi Gayo, dan syirup markisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial