Jelang Hari Pahlawan, Masyarakat Aceh di Jabodetabek Ziarah ke Makam Sultan Aceh Terakhir

Menjelang peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November, masyarakat Aceh di kawasan Jabodetabek menyambutnya dengan berziarah ke Makam Sultan Aceh terakhir, Tuanku Muhammad Daoed, di TPU Sunan Giri, Rawamangun, Jakarta Timur. Kegiatan yang diinisiasi Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal, rencananya dilaksanakan pada Senin, 5 November 2018.

“Ziarah makam itu penting dilakukan, untuk mengenang jasa para pahlawan Aceh tempo dulu. Selain itu, untuk mempererat ikatan silaturahmi antar sesama masyarakat Aceh di perantauan, dan guna meningkatkan jiwa patriotisme ke-Aceh-an di tempat orang lain atau luar daerah,” kata Almuniza Kamal.

Ditambahkannya, sangat penting untuk selalu mengenang masa kejayaan Aceh guna membangun masa depan yang lebih baik. Sebagaimana diketahui bersama bahwa Aceh pernah berada di masa keemasan ketika kesultanan Aceh menjadi salah satu kerajaan besar Islam di dunia.

“Maka di manapun kita berada, tetap harus menjunjung tinggi terhadap semua jasa para pahlawan kita dan terlebih kesultanan Aceh merupakan suatu kebanggaan bagi rakyat Aceh dan bangsa Indonesia,” ujar Almuniza.

Nilai penting dari sejarah kepahlawanan Tuanku Muhammad Daoed adalah penolakannya untuk takluk kepada Belanda.

“Sejak diangkat menjadi Sultan Aceh, sampai meninggalnya dalam tawanan Belanda, Tuanku Muhammad Daoed Syah tidak mau takluk kepada Belanda. Sehingga sampai proklamasi kemerdekaan RI, Aceh menjadi satu-satunya daerah yang tidak berhasil ditaklukan Belanda,” tambah Almuniza.

Dengan jasanya tersebut, menurut Almuniza, semestinya Tuanku Muhammad Daoed layak menjadi pahlawan nasional.

“Dulu Tim Peubeudoh Sejarah dan Budaya Aceh (Peusaba) sempat mengusulkan Sultan Muhammad Daoed Syah menjadi pahlawan nasional. Namun sampai kini usulan itu belum mendapat respons positif dari pemerintah. Mudah-mudahan ke depan bisa dipertimbangkan lagi,” harap Almuniza mengakhiri keterangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial