11 December, 2018

 

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) diselenggarakan pada hari Kamis, 27 September 2018 Ruang Serba Guna Gedung A.H. Nasution Lantai 16  Kantor Kementerian Pertahanan RI jalan Medan Merdeka Barat 13-14 Jakarta Pusat. Dalam kesempatan tersebut hadir Ketua Dekranasda Aceh Dyah Erti Idawati dan para ketua Dekranasda kabupaten/kota dari Aceh.

Rakernas yang mengangkat tema “Terus Berinovasi Menuju Seni Kriya Nusantara Yang Lebih Berkualitas” dibuka Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla didampingi Ketua Harian Erni Tjahjo Kumolo.

Ketua Umum Dekranas menyampaikan peran Dekranas untuk mendukung kemandirian ekonomi dengan misi menyiapkan regenerasi, meningkatkan daya saing dan hubungan kerja sama kementerian dengan lembaga daerah. Hubungan kerja sama tersebut dijalin melalui koordinasi dan sinergitas Dekranas dengan instansi pemerintah terkait.

Dalam rakernas disampaikan beberapa presentasi, antara lain membahas peran Small Medium Enterprise Cooperative (SMESCO) Indonesia sebagai sarana promosi dan pemasaran produk unggulan UMKM Indonesia. Ada dua presentasi lainnya yang menarik, yakni dari Kementerian Perdagangan tentang “Peluang Pasar Kriya UMKM Indonesia di Manca Negara” dan Kementerian BUMN yang mempresentasikan topik “Pemanfaatan Dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) Untuk Pembinaan Kriya Nusantara”.

Produk unggulan masing-masing Dekranasda juga ditunjukkan dalam rakernas.

Menindaklanjuti rakernas, memanfaatkan keberadaan para ketua Dekranasda kabupaten/kota yang masih berada di Jakarta, Ketua Dekranasda Aceh Dyah Erti Idawati mengadakan pertemuan di ruang rapat Badan Penghubung Pemerintah Aceh, jalan Indramayu no. 1 Jakarta Pusat, Jumat (28/9).

Ketua Dekranasda Aceh Dyah Erti Idawati memimpin rapat koordinasi dengan para Ketua Dekranasda kabupaten/kota se Aceh dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Zainal Arifin Lubis membahas fasilitasi pengembangan industri kecil dan menengah di Aceh. Rapat juga turut dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh Muhammad Raudhi serta Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Aceh Amiruddin Tjoet Hasan.

Tags: , , , ,

Related Article

0 Comments

Leave a Comment

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial