Tari Kreasi Baru “Piasan Meublang”, Wakil Aceh dalam Parade Tari Nusantara 2017

Tari kreasi baru “Piasan Meublang” tampil mewakili Aceh dalam Parade Tari Nusantara Ke-36 yang digelar di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII), Sabtu (19/8). Tarian tersebut dipentaskan Sanggar Juang Art Community dari Kabupaten Bireuen.

Menurut pimpinan sanggar Juang Art, Evans Rinaldi, tari yang akan dipentaskan tersebut merupakan tari kreasi yang mengisahkan budaya bertani leluhur Aceh di masa lalu yang perlu dilestarikan generasi sekarang sebagai promosi uniknya Aceh kepada dunia.

Penunjukkan sanggar seni Juang Art Community (JAC) yang berkedudukan di Kabupaten Bireuen ini dikarenakan perkumpulan seniman Aceh tersebut sudah banyak menoreh prestasi baik di tingkat daerah maupun tingkat nasional.

Sayangnya dalam Parade Tari Nusantara ke-36, penampilan sanggar seni Juang Art Community pada Parade TAri Nusantara ke-36, belum berhasil meraih penghargaan. Dari kelima kategori penilaian, yakni: Penyaji Terbaik Antar Wilayah, Penata Rias dan Busana Terbaik, Penata Musik Unggulan, Penata Tari Unggulan dan Penyaji Unggulan, kontingen Aceh tidak berhasil meraih penghargaan.

Yang berhasil keluar sebagai juara umum dalam Parade Tari Nusantara ke-36 tersebut adalah kontingen dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial