Tsabitah Putri Fasya Raih Piala Gubernur Aceh

Tsabitah Putri Fasya dari Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Barokah, berhasil meraih Piala Gubernur Aceh setelah menjuarai pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) cabang Hifzil (hafalan) di Anjungan Aceh Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) pada Ahad (22/7) siang. Dalam MTQ  yang diikuti 27 orang peserta tingkat anak berusia 9-14 tahun. Penjaringan peserta MTQ dilakukan Anjungan Aceh bekerja sama dengan Bayt Alquran, Yayasan Lebah, Yayasan Pencil Indonesia dan IKMAT ( Ikatan Masyarakat Aceh Tenggara) Jabodetabek yang mengirim seorang peserta.

Bertindak selaku Dewan Hakim dalam MTQ tersebut adalah Ustadzah Ida MA (Bayt Alquran TMII), Ustadz Syahrir (Imam Masjid At-Tin TMII) dan Ustadz Qadarusmadi (Bilal Masjid Istiqlal). Hampir selama satu jam satu per satu peserta Hifzil tingkat anak tampil dengan ragam keberaniannya menjawab pertanyaan penggalan ayat dari sebuah surat di Juzz 30 yang di uji dewan hakim. Ada yang sangat tenang, ada pula yang sampai berpeluh bahkan menangis karena gugup.

Salah seorang peserta hifdzil Qur’an sedang tampil di panggung.

Salah seorang yang menangis saat tampil sempat ditanya Kasubbid Promosi Pameran yang sekaligus juga Pelaksana Harian Kepala Anjungan Aceh TMII, Cut Putri Alyanur. Anak tersebut menjawab karena gugup. Menurutnya, seharusnya seharusnya dia bisa menghafal ayat dalam surat yang diambilnya sendiri, yaitu satu dari lima pilihan amplop yang disediakan untuk ditanyakan oleh Dewan Hakim. Namun karena mendengar bel peringatan dan perbaikan, bacaannya jadi gugup.

Adapula peserta yang berbisik-bisik di sela berlatih hafalan bersama timnya. Menurutnya MTQ-nya seperti yang dilihatnya di televisi, sehingga merasa senang dan berharap acaranya penuh berkah.

Berdasarkan penilaian Dewan Hakim, yang keluar sebagai pemenang adalah: Juara I Tsabitah Putri Fasya yang berhak atas Piala Tetap Gubernur Aceh, Piala Tetap Direktur TMII, sertifikat dan dana pembinaan. Sebagai Juara II  Mutiara Cahya Anjani dan Juara III Thalita Shafira, sedangkan Juara Harapan I Fairuz Syakira, Juara Harapan II Naura Kamila dan Juara Harapan III Muhammad. Semua pemenang mendapat hadiah berupa sertifikat dan dana pembinaan.

Penyerahan hadiah kepada Juara I dilakukan oleh Kasubbid Promosi dan Pameran Badan Penghubung Pemerintah Aceh Cut Putri Alyanur, Juara II hadiah diserahkan oleh Ketua IKMAT Jabodetabek Heru Selian. Ketua Panitia Pelaksana Cut Keumalasari menyerahkan hadiah kepada Juara III. Sedangkan Juara Harapan I, II dan III, hadiah diserahkan oleh masing-masing Dewan Hakim.

Penyelenggaraan MTQ cabang Hifdzil ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan Anjungan Aceh TMII. Sebelumnya pada tahun 2013 pelaksanaannya hanya merupakan ekshibisi. Baru pada tahun 2014 dimulai pelaksanaan MTQ cabang tilawah hingga tahun 2016. Selanjutnya mulai tahun 2017 pelaksanaan MTQ melangkah ke cabang Hifzil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial